Minggu, 24 November 2013

Istilah yang sering diucapkan di Pasar

Jadi ini adalah Postingan gue yang terinspirasi oleh idola gue yaitu Situs yang orang tua gak boleh tau itu loh MBDC dan wi-fi berjalan bang Benablog yuk ah langsung aja. Istilah yang gue maksud adalah kode-kode gitu brow, bukan kode-kode pas ujian yak. jadi ini udah gue Riset dan gue juga punya toko gitu di Pasar #sombongCeritanya. jadi istilah ini menurut gue sering banget di lontarkan oleh pedagang pakaian atau bahasa kerennya sih "Wiraswasta". bukan toko gue doangan, tapi di kota gue suka nyebut itu kata. tanpa mereka sadari itu bagaikan Style #CukupLebayTom.Ohya artikel gue #gak berlaku untuk Mall dan Distro

jadi biar pembeli dan lo lo yang suka belanja musti tau kalau lo lagi di Kibulin atau di Omongin yuk  lanjut
1. Sayur
Kata Sayur suka dipakai penjual ketika pembeli menawar dengan harga sangat jauh dibawah modal.
kata yang suka terlontar kalau lo pembeli yang sangat manyil.
Sayur dipilih karena sayur itu murah atau murahan.
contoh :
Babang Penjual : "boleh neng silahkan celana Hermesnya"
Pembeli : "ini berapaan bang?"
B :"oh murah neng, ini 130rb bisa dikurang ko, bukan harga pas."
P: "ah siabang udah 40rb aja yah."
B: "ah si neng SAYUR amat nawarnya, udah deh buat si neng kasih 100rb."

2.Ikan
Kata Ikan suka dipakai ketika penjual melihat pembeli masuk tokonya.
kata yang suka terlontar kalau lo lagi masuk sarangnya
Ikan dipilih sebagai tangkapan yang emang harus ditangkap.
contoh;
Bos yang punya toko : "(liat ada pembeli masuk) Sutiiiii (nama karyawan) ada IKAN masuk tolong layanin"
Suti : "siap bos!"

3. Ayam
Kata Ayam suka dipakai ketika pembeli menawar dengan harga yang sangat tinggi hingga modal 2x lipat.
kata yang suka terlontar kalau lo pembeli yang sangat gampang dikibulin dan pembeli yang ditunggu-tunggu
Ayam dipilih karena ayam itu mahal 1kg aja udah berapa belum keluarga ada berapa orang #eh.
contoh:
Babang Penjual : "boleh neng silahkan celana Boksernya"
Pembeli : "ini berapaan bang"
B :"oh murah neng, ini 35rb bisa dikurang ko, bukan harga pas."
P: "ah siabang udah 30rb aja yah."
B: "oke neng bungkus"
Penjual 2 : "ayam ya bang?"
B: "iya buru bungkus"
*kan bokser normalnya harga 20rb udah dapet.

ya mungkin cuma itu yang gw tau dan hasil riset gue di kota gue jadi kalau lu denger istilah tersebut lu bisa tau lu dikibulin harga atau kaga. mungkin ada dikota-kota kalian ada istilah-istilah yang sangat menarik dan bisa gue SHARE di artikel gue.
*artikel ini bukan membuat sisi negatif pedagang pakaian. artikel ini bertujuan agar pedagang dan pembeli dapat saling menguntungkan. Thanks


16 komentar:

  1. artikelnya bagus ada infonya :D, menarik buat di baca :)
    semoga banyak manfaatnya buat yg baca hehhee :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah lo formal banget deh :D dasar calon guru heheheh

      Hapus
  2. bagus artikelnya :)
    ada infonya, jadi kalo belanja dipasar ga bisa dikibulin deh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaahhaha syukur deh bermanfaat :D

      Hapus
  3. Menarik nih, baru tau ada istilah2 kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya bang jangan maen di mol terus wwkwkkwk

      Hapus
  4. Baru denger sekarang istilah-istilahnya. Emang ga gaul di pasar kali ya, biasa nongkrong di minimarket sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makannya ka sekali sekali kepasar dong, jangan jaga dikasir minimarket mulu XD

      Hapus
  5. Suka nemenin ibu ke pasar, tapi belum pernah denger istilah begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dipasar ikan ka dengerinya :3

      Hapus
  6. Nicepost , ,

    salam kenall . . .mapir diblog q yaa . ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks :) , siap kapten gue sih selalu mampir ke orang yang komen di blog gue :)

      Hapus
  7. gua sering deh belanja ke pasar.
    tapi gak pernah dengar istiliah ginian
    pantas selama ini gua dikibulin
    kampret

    kalau ada waktu, main ke blog gua juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah ini sih di daerah gue bang, kalau didaerah lo mungkin menggunakan sindikat yang lain :P, oke sip tan ane berkunjung

      Hapus
  8. behh berarti kalo ada istilah ular, itu buat yang ngotot harga mau kurang tapi ga dikasi ehh balik lagi haha. Keren nih infonya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah boleh juga sih idenya :D

      Hapus

Terimakasih sudah mau dateng ketempet yang kotor ini hehehe. Daripada jadi Silent Reader, mending langsung komentar, saran aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok. Nanti bakal dapet feedbacknya sendiri, serius percaya deh.

SATU KOMENTAR akan membuat BLOG gue tetep Bergairah dan Semangat Loh. yuk ah jangan malu-malu heheh

back to top