Saturday, 30 November 2013

Konsep AIDA pada Periklanan di Indonesia

Konsep AIDA pada Periklanan
Hi guys, kali ini gue akan share tentang Konsep Aida Pada Periklanan dan Tips and Trick seputar AIDA  kenapa sih gue ngeshare hal ini? ada tau? udah deh pasti gak tau! jadi gue lagi ingin berbagi dan tentunya ilmu yang gue dapet gak cepet ilang makanya gue simpen di mari #etDah #logatBetawi.
Temen-temen  yang awam pasti gak ngerti apa itu AIDA ? siapa sih AIDA ? anak mana? tinggal dimana? dia artis? ohh anaknya mpok Pina? yuk gue terangin.
gue tegasin itu #SINGKATAN. AIDA singkatan dari :
  • ATTENTION
  • INTEREST
  • DESIRE
  • ACTION
Kebayang gak sih? kalau kita buat iklan itu perlu namanya METODE alias KONSEP ? yup! Pasti dong, biar iklan kita gak geje dan gak nyambung sama apa yang kita tawarin nah si AIDA ini nih yang bakal berguna bagi lo lo yang lagi mau buat iklan gitu. Masih belum ngerti ? belum jelas? yuk deh gue jelasin! 

Aida adalah Pedoman dalam melaksanakan Kegiatan Pemasaran. 
Kegiatan Pemasaran menurut model ini  Alat Promosi harus :
  1. Menarik,
  2. Mendapatkan dan Mendorong Minat,
  3. Membangkitkan Keinginan, dan 
  4. Menghasilkan Tindakan . 
Dalam membangun komunikasi yang efektif , Aspek Terpenting adalah Memahai Proses Terjadinya Respon dan Konsumen.

Mau es atau mau ???
masih belum paham? apa udah kebayang? jangan ngebayangin yang diatas. oke nih gue kasih Penjelasnnya

***
Metode AIDA
1. Menaruh Perhatian (ATTENTION)
 Yaitu, tahap awal dimana konsumen mulai sadar dan mengetahui keberadaan produk yang diiklankan.
contohnya : "GRATISS", "LUAR BIASA", "TERBATAS!".
2. Menaruh Ketertarikan (INTEREST)
Yaitu, tahap dimana konsumen mulai tertarik dengan produk yang diiklankan.
contohnya : "Sistem yang terbukti MENGHASILKAN UANG".
3. Berhasrat atau Berniat (DESIRE)
Yaitu, tahap dimana konsumen  mulai mempunyai keinginan untuk memiliki produk yang diiklankan.
contohnya : "Meningkatkan Saldo anda Secara Otomatis".
4. Memutuskan untuk aksi Mrembeli (ACTION)
Yaitu, tahap dimana konsumen  mulai bertindak, mencari dan membeli produk yang diiklankan.
contohnya : "Hanya untuk 100 orang pertama. GRATIS! klik disini <nama situs>".

Udah ngerti tapi belum kebayang? yaampun yowis gw kasih lagi nih!

haduh salah ngetik gue harusnya "di makan" -_-

TIPS and TRICK membuat iklan menggunakan Metode AIDA
1. LU HARUS MENCURI yang namanya "PERHATIAN".
 Prospek  dengan menggunakan judul/ kata kunci yang tertangkap oleh mata mereka.
2. MINTA Perhatian Mereka untuk Menjadi "KETERTARIKAN".
Bisa dengan tawaran atau beri mereka Alasan untuk Membaca sampai munculnya KEINGINAN.
3. Setelah Munculnya "KEINGINAN".
Kini saatnya untuk mengatakan pada mereka MENGAPA MEREKA HARUS MEMBELI dan akhirnya minta mereka "BERTINDAK".

Bagi yang belum jelas juga bisa liat Ilustrasi aida yang udah gue bikin di corel, demi lo lo sekalian yang bener-bener pingin tau banget alias #kepo.yo disimak , kalau gak keliatan diklik aja biar besar


ilustrasi cara menerapkan konsep Aida


Nah gue udah capek banget nih ngejelasin, kalau lu masih belum kebayang juga gue #GIVEUP. oke gue buatin. Nih contoh sederhana buat poster iklan dengan konsep Aida. Yuk pantengin terus.

Contoh 1:
diamond
Dari Gambar Berlian ini kita melihat hanya biasa saja, Cuma sebongkah berlian tidak terlalu menarik. coba jika yang ini..

Contoh 2:
diamond-iklanaida

Disini kita akan memberikan metode AIDA pada poster. Disini sudah jelas
-Attention (Perhatian) Sudah Jelas Terlihat Ketika Kita melihat Diamond Saphire.
-Interest (Ketertarikan)Sudah Jelas Terlihat adanya discount 80%
-Desire(Berhasrat/Berniat) karena promo ini tidak datang 2 kali dan diamond saphire merupakan item limitid edition
-Action (Aksi) Terlihat ketika hanya 5 hari item ini di discount ketika itu lewat harga kembali normal. Dan pembeli segera mengunjungi website daimondina.com untuk membeli

Gimana? jelek ya? namanya juga sederhana. tapi ngerti dong sekarang? agak jelas kan? Alhamdulilah akhirnya bermanfaat ya guys.
-end-

nb* materi ini gue comot dari .ppt yang dikasih dosen untuk dipelajari dan berbagai sumber yang gue lupa alamatnya (maaf T.T). gue buat semenarik mungkin agar temen-temen juga memahami konsep dari aida itu sendiri. dan gue sebenarnya juga baru-baru ini tau tentang metode beginian. gue dikasih tugas sama bapak dosen Toufan Tambunan (TFN) untuk buat artikel tentang aida, dari pada filenya kehapus mending gue post dimari #etdah #logatbetawi

15 comments:

  1. Wah konsep AIDA ini juga bisa dipraktekin buat nyari gebetan lho. Serius deh hahaha. Cuma paling beberapa bagian ada yang disesuaikan sama keadaan mantan gebetan calon pacar. Nah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener banget ka asma :D *gakkepikiran

      Delete
    2. sebenernya udah banyak orang yang nerapin konsep AIDA dalam kehidupan percintaan lho hahaha kapan-kapan nih harus diteliti :p
      btw bagi follbacknya boleh?

      Delete
    3. hahah ya bener banget ka :), bisa banget di praktekin, wah boleh banget dong ;)

      Delete
  2. Advertiser itu harus jago nipu, dan AIDA ini salah satu resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga mereka cari uang bang :D, nyerempet ke tipu tipu gitu #ehh

      Delete
  3. Metode AIDA dalam pemasaran emang efektif.
    Tapi, jangan lakukan metode AIDA di MLM ya. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya jangan sampe orang MLM tau, tar di Prospek masal, #korbanProspek

      Delete
  4. Rajin banget kakak bikin postingan begini. Di kampusku yang kaya gini ada di pelajaran pengantar bisnis loh? #info
    Cocok jadi dosen nih, menarik cara ngasih penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru ini ka bikin postingan "bener" biasanya ngaco :D, Ohya ada pelajaranya, asik dong :D, ah si ka zulfa bisa aja jadi gimana gitu *ngambang

      Delete
  5. gua belajarnya AIDDA
    Attention, Interest, Desire, Decision, Action
    tapi bukan dalam pemasaran
    gua belajar itu dalam komunikasi antarpribadi. aidda adalah salah satu teori komunikasi klasik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya :) wah nice share ya bang, gw juga baru tau hehe

      Delete
  6. haha gang sempit ::D
    salam kenal ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mau dateng ketempet yang kotor ini hehehe. Daripada jadi Silent Reader, mending langsung komentar, saran aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok. Nanti bakal dapet feedbacknya sendiri, serius percaya deh.

SATU KOMENTAR akan membuat BLOG gue tetep Bergairah dan Semangat Loh. yuk ah jangan malu-malu heheh

back to top