Konsep AIDA pada Periklanan |
Temen-temen yang awam pasti gak ngerti apa itu AIDA ? siapa sih AIDA ? anak mana? tinggal dimana? dia artis? ohh anaknya mpok Pina? yuk gue terangin.
gue tegasin itu #SINGKATAN. AIDA singkatan dari :
- ATTENTION
- INTEREST
- DESIRE
- ACTION
Kebayang gak sih? kalau kita buat iklan itu perlu namanya METODE alias KONSEP ? yup! Pasti dong, biar iklan kita gak geje dan gak nyambung sama apa yang kita tawarin nah si AIDA ini nih yang bakal berguna bagi lo lo yang lagi mau buat iklan gitu. Masih belum ngerti ? belum jelas? yuk deh gue jelasin!
Aida adalah Pedoman dalam melaksanakan Kegiatan Pemasaran.
Kegiatan Pemasaran menurut model ini Alat Promosi harus :
- Menarik,
- Mendapatkan dan Mendorong Minat,
- Membangkitkan Keinginan, dan
- Menghasilkan Tindakan .
Mau es atau mau ??? |
masih belum paham? apa udah kebayang? jangan ngebayangin yang diatas. oke nih gue kasih Penjelasnnya
***
Metode AIDA
1. Menaruh Perhatian (ATTENTION)Yaitu, tahap awal dimana konsumen mulai sadar dan mengetahui keberadaan produk yang diiklankan.
contohnya : "GRATISS", "LUAR BIASA", "TERBATAS!".
2. Menaruh Ketertarikan (INTEREST)Yaitu, tahap dimana konsumen mulai tertarik dengan produk yang diiklankan.
contohnya : "Sistem yang terbukti MENGHASILKAN UANG".
3. Berhasrat atau Berniat (DESIRE)Yaitu, tahap dimana konsumen mulai mempunyai keinginan untuk memiliki produk yang diiklankan.
contohnya : "Meningkatkan Saldo anda Secara Otomatis".
4. Memutuskan untuk aksi Mrembeli (ACTION)Yaitu, tahap dimana konsumen mulai bertindak, mencari dan membeli produk yang diiklankan.
contohnya : "Hanya untuk 100 orang pertama. GRATIS! klik disini <nama situs>".
haduh salah ngetik gue harusnya "di makan" -_- |
TIPS and TRICK membuat iklan menggunakan Metode AIDA
1. LU HARUS MENCURI yang namanya "PERHATIAN".Prospek dengan menggunakan judul/ kata kunci yang tertangkap oleh mata mereka.
2. MINTA Perhatian Mereka untuk Menjadi "KETERTARIKAN".Bisa dengan tawaran atau beri mereka Alasan untuk Membaca sampai munculnya KEINGINAN.
3. Setelah Munculnya "KEINGINAN".Kini saatnya untuk mengatakan pada mereka MENGAPA MEREKA HARUS MEMBELI dan akhirnya minta mereka "BERTINDAK".
Bagi yang belum jelas juga bisa liat Ilustrasi aida yang udah gue bikin di corel, demi lo lo sekalian yang bener-bener pingin tau banget alias #kepo.yo disimak , kalau gak keliatan diklik aja biar besar
ilustrasi cara menerapkan konsep Aida |
Nah gue udah capek banget nih ngejelasin, kalau lu masih belum kebayang juga gue #GIVEUP. oke gue buatin. Nih contoh sederhana buat poster iklan dengan konsep Aida. Yuk pantengin terus.
Contoh 1:
-end-
nb* materi ini gue comot dari .ppt yang dikasih dosen untuk dipelajari dan berbagai sumber yang gue lupa alamatnya (maaf T.T). gue buat semenarik mungkin agar temen-temen juga memahami konsep dari aida itu sendiri. dan gue sebenarnya juga baru-baru ini tau tentang metode beginian. gue dikasih tugas sama bapak dosen Toufan Tambunan (TFN) untuk buat artikel tentang aida, dari pada filenya kehapus mending gue post dimari #etdah #logatbetawi
Wah konsep AIDA ini juga bisa dipraktekin buat nyari gebetan lho. Serius deh hahaha. Cuma paling beberapa bagian ada yang disesuaikan sama keadaan mantan gebetan calon pacar. Nah!
ReplyDeletewah bener banget ka asma :D *gakkepikiran
Deletesebenernya udah banyak orang yang nerapin konsep AIDA dalam kehidupan percintaan lho hahaha kapan-kapan nih harus diteliti :p
Deletebtw bagi follbacknya boleh?
hahah ya bener banget ka :), bisa banget di praktekin, wah boleh banget dong ;)
DeleteAdvertiser itu harus jago nipu, dan AIDA ini salah satu resepnya.
ReplyDeletenamanya juga mereka cari uang bang :D, nyerempet ke tipu tipu gitu #ehh
DeleteMetode AIDA dalam pemasaran emang efektif.
ReplyDeleteTapi, jangan lakukan metode AIDA di MLM ya. Hahaha.
hahaha iya jangan sampe orang MLM tau, tar di Prospek masal, #korbanProspek
DeleteRajin banget kakak bikin postingan begini. Di kampusku yang kaya gini ada di pelajaran pengantar bisnis loh? #info
ReplyDeleteCocok jadi dosen nih, menarik cara ngasih penjelasannya.
baru ini ka bikin postingan "bener" biasanya ngaco :D, Ohya ada pelajaranya, asik dong :D, ah si ka zulfa bisa aja jadi gimana gitu *ngambang
Deletegua belajarnya AIDDA
ReplyDeleteAttention, Interest, Desire, Decision, Action
tapi bukan dalam pemasaran
gua belajar itu dalam komunikasi antarpribadi. aidda adalah salah satu teori komunikasi klasik
ohya :) wah nice share ya bang, gw juga baru tau hehe
Deletehaha gang sempit ::D
ReplyDeletesalam kenal ya
salam kenal juga andrekocak :D
Deleteoke gan :)
Deletetop 2018 ilmu bermanfaat kang
ReplyDeletemakasih mang :)
DeleteGua kayanya mau masukin model aida dlm penelitian.. Tapi pencetus model aida sapa gan..?
ReplyDeletewah tambah keren kalau dimasukin model kak :)
Deletesiapa ya? pasti ada? nanti gue cari tau ka (^V^")
Gua baru tau ada teori beginian baru oktober 2018 , dapat tugas dari dosen .Keren
ReplyDeleteGua baru tau ada teori beginian baru oktober 2018 , dapat tugas dari dosen .Keren
ReplyDeletehahaha alhamdulilah bermanfaat kak :D
Delete